Tips aman kunjungi tempat wisata saat Ramadhan dan Idul Fitri

Jakarta (ANTARA) – Peningkatan kunjungan wisatawan diprediksi akan terjadi pada masa liburan Lebaran, terutama karena peraturan terbaru memberikan kelonggaran untuk bepergian dibandingkan tahun sebelumnya. Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk kembali ke rumah asalkan telah menerima vaksin COVID-19 dan dosis booster secara lengkap.

“Kabar baiknya, masyarakat mulai kembali mengunjungi tempat-tempat wisata. Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata rekreasi mitra kami telah meningkat 10 kali lipat sekarang musim ramai pada Q4 2021 dibandingkan Q3 2021. Jumlah kunjungan pada Januari dan Februari 2022 meningkat 2 kali lipat dari periode yang sama tahun lalu,” kata Co-founder & CEO GOERS, Sammy Ramadhan, dikutip dari siaran resmi, Kamis.

Baca juga: Singapore Airlines Kembali Melayani Penerbangan ke Surabaya

Baca juga: Turis Asing Boleh Masuk Myanmar Mulai Bulan Depan

Sammy mengatakan, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, jumlah kunjungan biasanya sedikit terkoreksi selama bulan Ramadhan sebelum memuncak lagi pada hari raya Idul Fitri. Bulan Ramadhan biasanya dimanfaatkan oleh destinasi wisata rekreasi mitra untuk mengoptimalkan layanan dan sistem agar siap menyambut pengunjung saat libur lebaran.

Bagi masyarakat, momen Ramadhan sebagian besar diisi dengan berbuka puasa. Sembari menunggu waktu buka puasa, biasanya digunakan untuk nongkrong di sejumlah destinasi wisata rekreasi, terutama yang menawarkan wisata pantai, taman, atau ruang terbuka.

Menyikapi fenomena tersebut, Sammy memberikan tips agar pengunjung bisa nongkrong dan berbuka puasa di tempat wisata dengan aman dan nyaman.

“Sesuai anjuran pemerintah, pastikan sudah divaksinasi lengkap. Beli tiket masuk tempat wisata secara online, minimal sehari sebelum berkunjung, untuk membantu pengelola memantau batas daya tampung tempat wisata.”

“Pilih waktu kunjungan yang relatif tenang atau periode bahu. Ikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Jika memungkinkan, bawalah peralatan makan dan minum serta alat ibadah sendiri. Jangan lupa scan aplikasi Cares Protect saat masuk tempat wisata,” kata Sammy.

Sejumlah destinasi wisata rekreasi Indonesia bersiap mengantisipasi lonjakan pengunjung selama Ramadan dan Idul Fitri 2022 dengan bantuan teknologi GEM Solution. Beberapa di antaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Kapasitas maksimal Taman Impian Jaya Ancol saat ini adalah 75 persen dari kapasitas normal. Teknologi Solusi GEM membantu manajer secara otomatis memantau batas kapasitas pengunjung dengan lebih mudah secara real-time untuk keamanan dan kenyamanan.

“Strategi lain bisa kita terapkan jika kapasitas pengunjung maksimal saat pandemi sudah penuh. Misalnya dengan mengalihkan pengunjung lain ke periode bahu pada hari atau waktu masuk yang berbeda,” tambah Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, anak perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Aryanto.

Baca juga: Tiket.com Tawarkan Diskon Semua Produk Hingga 1 April 2022

Baca juga: OTA: MotoGP Berkontribusi Positif untuk Mandalika dan Sekitarnya

Baca juga: American Express Travel melaporkan Tren Perjalanan Global 2022

Reporter: Nanien Yuniar
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022