Reservasi daring bantu pengelola wisata atur jumlah pengunjung

Jakarta (ANTARA) – Reservasi tiket secara daring bisa membantu pengelola tempat wisata mengatur jumlah pengunjung saat libur lebaran, kata Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam.

“Yang penting bagaimana caranya ‘memecah’ jangan berkumpul di satu tempat,” kata Neil kepada ANTARA di Tangerang, Rabu.

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu contoh tempat wisata yang mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara daring sehari sebelum berkunjung. Penerapan aturan tersebut bisa membantu agar pengunjung tidak berjubel di satu tempat wisata.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan libur lebaran yang panjang dengan memilih waktu berkunjung di mana tempat wisata sudah lebih lengang. Tempat wisata diprediksi akan penuh di awal libur lebaran, jadi masyarakat bisa memilih untuk berkunjung pada penghujung cuti bersama.

Baca juga: Sandiaga imbau pemda cek kelayakan tempat wisata sebelum libur Lebaran

Di sisi lain, masyarakat di Jakarta yang tidak mudik juga bisa mencari alternatif dengan menjelajahi “hidden gem” di ibu kota selain destinasi wisata yang sudah lama dikenal seperti Ancol, Ragunan dan Kota Tua.

Masyarakat bisa melepas penat dengan menghirup udara segar di hutan kota yang ada di Srengseng. Masyarakat juga bisa melihat lebih dekat kebudayaan Betawi yang memikat di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Pada akhir pekan libur lebaran, Setu Babakan akan menggelar Pagelaran Reguler yang menampilkan kesenian Topeng, ondel-ondel serta Musik Hadroh.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sekitar 300 personel untuk mengawasi sejumlah tempat wisata di Ibu Kota guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran. Rata-rata ada 300 personel yang diplot di seluruh kawasan wisata.

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta yang diperkirakan akan padat pengunjung saat libur Lebaran di antaranya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dinas Perhubungan akan membantu Polisi Lalu Lintas untuk membantu pengaturan lalu lintas di tempat wisata tersebut terutama di jalur-jalur utama menuju tempat wisata.

Baca juga: KLHK dukung pengelolaan sampah di destinasi wisata super prioritas

Baca juga: Tips aman kunjungi tempat wisata saat Ramadhan dan Idul Fitri

Baca juga: 18 tempat ngabuburit seru untuk warga Jakarta dan sekitarnya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022