Ratusan sarana hunian pariwisata terisi penuh di Lombok Tengah

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 300 fasilitas hunian pariwisata (sarhunta) yang dibangun pemerintah terisi penuh pengunjung, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Seiring dengan perhelatan MotoGP Mandalika 2022, 300 sarhunta yang ditetapkan pemerintah 100 persen ditempati pengunjung,” kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi, Minggu.

Dalam kunjungannya, Sabtu (19/3), Sandiaga mengatakan sarhunta yang dikelola oleh warga Desa Sukadana bernama Lamun itu menjadi salah satu penerima sertifikasi Indonesia Peduli pada 11 Maret 2022.
saya
Sertifikasi Indonesia Peduli merupakan tanda bahwa seorang Sarhunta telah terverifikasi berdasarkan prinsip Hygiene, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

sayaBaca juga: PUPR: Program Sarhunta Percepat Kegiatan Ekonomi Warga Kawasan Wisata

Tujuannya untuk meyakinkan wisatawan yang berkunjung untuk menjamin unsur kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di Sarhuntas di Kabupaten Lombok Tengah dan sekitarnya. Ia menilai penetapan sarhunta dan pengajuan sertifikasi Indonesia Peduli merupakan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

“Kalau kita membangun hotel, masyarakat tidak akan merasakan dampak ekonomi secara keseluruhan karena hanya sebagian yang mendapatkan pekerjaan. Tapi kalau kita membangun fasilitas hunian pariwisata, maka ada rumah warga yang direnovasi menjadi sarhunta dan 300-an. 400 lapangan kerja bisa diserap,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi menambahkan, sertifikasi CHSE dan pembangunan sarhunta ini merupakan wujud nyata kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Kami juga di daerah dan di kabupaten/kota akan menggunakan CHSE ini sebagai standar agar semua penginapan kami siap ditempati,” kata Yusron.

Pada 12 Maret 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyerahkan sertifikat Indonesia Peduli kepada 300 pengelola fasilitas hunian wisata (sarhunta) di sekitar Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).
saya
Sertifikasi ini dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat sebagai penyedia akomodasi, terutama jelang Pertamina Grand Prix Indonesia yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

Baca juga: Pengelola Perumahan Wisata Mandalika Minta Sertifikasi CHSE

Baca juga: Pemerintah Selesaikan Pembangunan Fasilitas Perumahan Pariwisata di Mandalika

Baca juga: Kementerian PUPR Bangun 398 Fasilitas Perumahan Pariwisata

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022