Pantai Tirtamaya Indramayu bersiap sambut wisatawan

Jakarta (ANTARA) – Trinani Rochaeningsih selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu menjelaskan bahwa saat ini Pantai Tirtamaya telah melakukan persiapan untuk sambut pemudik yang berkunjung di hari Lebaran nanti.

“Kebetulan kami, saya dan jajaran, kemudian dengan teman-teman yang lain, ada aparat dari tingkat kecamatan juga hadir di sini. Kita mempersiapkan dan ini pengalaman sebelumnya ketika tahun baru juga Tirtamaya ini luar biasa pengunjungnya,” kata Trinani kepada ANTARA, Jumat (29/4).

“Jadi kami betul-betul menyiapkan diri. Jangan sampai nanti pengunjung nanti merasa tidak nyaman. Karena ini merupakan wisata pantai, jadi kami betul-betul ekstra pengamanannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Trinani menjelaskan dia beserta jajarannya sedang mencoba untuk melihat titik yang sekiranya rawan bagi para pengunjung untuk berenang atau menggunakan perahu.

“Kami sedang mencoba untuk melihat titik-titik mana yang kira-kira rawan (untuk naik perahu dan berenang). Kami juga sudah menyiapkan tim SAR-nya. Jadi jangan sampai mereka datang ingin berwisata tiba-tiba ada hal yang tidak diinginkan,” katanya.

“Oleh karena itu, rencana kami sampai dengan hari Minggu ini, hari Sabtu besok, itu persiapan yang harus kami lakukan gitu. Karena yakin untuk hari Senin, kalau lebaran itu hari Senin, pasti pengunjungnya biasanya pengalaman-pengalaman yang sebelumnya itu ribuan yang datang ke Pantai Tirtamaya ini,” sambungnya.

Selain itu, persiapan lain yang pihaknya lakukan misalnya seperti menambah spot untuk para pengunjung berswafoto, dan mempersiapkan keamanan di pantai tersebut.

“Kalau hari biasa hanya pengelola saja ya yang ada di sini. Tetapi kalau menyangkut nanti para wisatawan juga datang begitu membludak, sehingga kami melibatkan polsek juga, satpol pp, semua unsur kami libatkan di sini,” ujarnya.

Trinani mengatakan, tidak ada batasan jumlah pengunjung yang diberlakukan saat momen lebaran nanti. Sebab, pihaknya tidak ingin membuat kecewa para pengunjung yang sudah jauh-jauh datang untuk berwisata di Pantai Tirtamaya.

“Kelihatannya tidak ada (batasan pengunjung). Masa sih sudah datang mau di tolak? Yang penting kalau misal kitanya sanggup, ya kita terima. Tidak ada batasan harus seberapa orang. Yang khawatirnya kalau kita membatasi, mereka akan kecewa. Sudah datang jauh-jauh, ingin berwisata, tiba-tiba di tolak kan kasihan. Makanya kami harus betul-betul menyiapkan yang betul-betul ekstra,” tutur Trinani.

“Protokol kesehatan itu pasti (tetap berlaku). Pakai pelindung diri seperti masker. Kami juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan. Jadi itu sudah menjadi protap yang harus kita lakukan,” lanjutnya.

Pantai Tirtamaya dibuka dari pukul 09.00 WIB pagi hingga 17.00 WIB dengan biaya tiket masuk Rp7.500 per orang.

Baca juga: DKI tawarkan wisata kuliner hingga taman kota untuk isi libur Lebaran

Baca juga: Masyarakat Kepri diimbau berwisata aman dan sehat saat Lebaran

Baca juga: Data Agoda: Destinasi domestik masih jadi pilihan favorit wisatawan

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022