Panduan melakukan perjalanan ke Singapura tanpa karantina

Jakarta (ANTARA) – Mulai 1 April 2022, pemerintah Singapura mencabut karantina wajib bagi semua pelancong yang telah divaksinasi. Jika Anda berencana untuk bepergian dalam waktu dekat, ada beberapa panduan yang harus diikuti.

Selain mencabut kewajiban karantina bagi imigran, Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengatakan pemerintahnya juga akan menghapus kewajiban memakai masker di tempat terbuka dan mengizinkan lebih banyak orang berkumpul.

Singapore Tourism Board juga telah merilis panduan singkat untuk perjalanan non-karantina ke Singapura. Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan adalah mendapatkan bukti vaksinasi dari PeduliLindung dalam format sertifikat internasional WHO yang dapat diunduh melalui aplikasi.

sayaBaca juga: Mengenal Budaya Baba & Nyonya Melalui Kegiatan Ramah Muslim di Singapura

Kemudian konfirmasikan tiket untuk setiap penerbangan maskapai ke Singapura. Dapatkan juga asuransi perjalanan dengan nilai pertanggungan 30.000 dolar Singapura untuk biaya pengobatan terkait COVID-19.

Yang harus digarisbawahi adalah nilai perlindungan asuransi bukan nilai premi yang dibayarkan. Setelah itu, unduh aplikasi TraceTogether dan daftarkan profil Anda.

Panduan Perjalanan Tanpa Karantina di Singapura (ANTARA/Ho/STB)

Tiga hari sebelum keberangkatan, kirimkan Kartu Kedatangan SG dan pernyataan kesehatan elektronik Anda melalui layanan elektronik resmi dan gratis di situs web Immigration & Checkpoints Authority (ICA).

Kemudian, dua hari sebelum keberangkatan, lakukan tes COVID-19, baik itu Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Antigen Rapid Test (ART) yang dilakukan oleh tenaga medis, bukan self-testing di rumah.

Setibanya di sana, Anda bisa langsung menjelajah dan menikmati Singapura dengan aman.

Namun, untuk pengunjung jangka pendek berusia 13 tahun ke atas yang belum sepenuhnya divaksinasi akan memerlukan surat persetujuan yang sah untuk masuk ke Singapura dengan Stay Home Notice (karantina) selama 7 hari.

Sementara itu, pengunjung yang telah divaksinasi dan sembuh dari COVID-19 sebelum keberangkatan dapat menggunakan portal Vaccinated-Recovered untuk mendaftarkan pernyataan pemulihan sebelum keberangkatan dan akan dibebaskan dari semua persyaratan tes.

Sebagai panduan tambahan, Anda juga dapat mengunduh aplikasi VisitSingapore untuk semua informasi perjalanan penting dan pendaftaran Kartu Kedatangan SG untuk mendaftar pesawat dan proses imigrasi.

Baca juga: Mulai April, Singapura Akan Dikarantina untuk Semua Pendatang

Baca juga: Kucing juga bisa “staycation” di Singapura

Baca juga: Lima Restoran Zi Char Halal di Singapura

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022