OTA: MotoGP berkontribusi positif untuk Mandalika dan sekitarnya

Minat masyarakat untuk berwisata akan terus meningkat

Jakarta (ANTARA) – Ajang MotoGP di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah pada 18-20 Maret 2022 berdampak positif bagi pariwisata di Mandalika dan sekitarnya, kata Co-Founder & Chief Commercial Officer online travel tersebut. agen (OTA) tiket.com. Dimas Surya Yaputra.

“Hotel (kamar) habis (dipesan) dua bulan sebelum acara, banyak yang berangkat pagi atau siang dan pulang malam, dampaknya sangat baik di kawasan sekitar Mandalika,” kata Dimas dalam konferensi pers online, Rabu .

Selama periode penjualan tiket MotoGP Mandalika, tiket.com menjual lebih dari 27.000 tiket MotoGP. Kinerja penjualan tiket MotoGP khususnya menyumbang 49 persen dari total kinerja vertikal entertainment yang menaungi produk tiket To Do di platform tiket.com.

Baca juga: Camping vs Hotel di Area Sirkuit MotoGP Mandalika, Sensasi & Budget

Baca Juga: Promosi Pariwisata Kepulauan Seribu Hadir di Ajang MotoGP Mandalika

Penjualan tiket MotoGP Mandalika secara langsung berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis akomodasi di tiket.com. Jelang ajang MotoGP, jumlah pemesanan akomodasi di kawasan Lombok dan Bali meningkat lebih dari 112 persen.

Angka tersebut berkontribusi signifikan terhadap pendapatan bisnis akomodasi di tiket.com yang tumbuh sebesar 57 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di Q1 2021.

Kemudian, dari sisi transportasi, penjualan tiket pesawat di Lombok dan Bali juga meningkat lebih dari 350 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Ia berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan keringanan kepada calon pemudik melalui regulasi terbaru, seperti pengurangan hari karantina dan penghapusan persyaratan antigen perjalanan bagi wisatawan domestik yang telah divaksinasi lengkap hingga vaksin booster.

“Ini tahun yang bagus, pencapaian yang bagus. Tuntutan sudah dimulai,” katanya.

Tren pariwisata yang masih populer di tengah pandemi adalah staycation, lanjutnya, dimana masyarakat bisa berlibur tanpa harus jauh dari rumah dalam berbagai pilihan akomodasi dengan suasana privat bersama keluarga atau kerabat terdekat.

“Dari sisi hiburan, masyarakat mulai menyukai berbagai sajian hiburan virtual. Antrean tiket To Do on line kami diburu terutama untuk berbagai acara hiburan seperti Sara’s Mystery Diary dan konser JKT48.”

Tingginya minat terhadap tren tersebut berdampak langsung pada kinerja bisnis di tiket.com. Sepanjang tahun 2021, bisnis tiket.com akan tumbuh sekitar 40 persen dibandingkan tahun 2020.

Saat ini di penghujung Q1 2022, dengan dilonggarkannya regulasi perjalanan, ditambah dengan pagelaran MotoGP Mandalika yang menjadi magnet kuat bagi wisatawan lokal dan mancanegara, tiket.com mencatatkan pertumbuhan bisnis lebih dari 92 persen di Q1 2022 jika dibandingkan dengan periode Q1 2021 untuk seluruh lini bisnis.

Dimas menambahkan, berbagai promo terus kami siapkan agar masyarakat bisa menikmati liburan dan berwisata dengan mudah dan murah.

Tiket.com meluncurkan program promo OTW (Online Tiket Week) yang berlangsung dari 24 Maret hingga 1 April 2022.

“OTW ini merupakan langkah nyata tiket.com dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata di tengah pandemi. Kami optimis dengan kembalinya OTW tahun ini, minat berwisata masyarakat akan terus meningkat, sehingga roda industri pariwisata bisa terus berputar, sehingga pekerja dan berbagai sektor pendukung di dalamnya tumbuh.”

Baca juga: Transaksi Tiket.com Melonjak 200 Persen Selama MotoGP Mandalika

Baca juga: Villa & apartemen jadi incaran pengguna tiket.com untuk “staycation”

Baca juga: Tiket.com catat pertumbuhan bisnis 40 persen tahun ini

Reporter: Nanien Yuniar
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022