Menparekraf sebut Mandalika kian diminati penyelenggara balap dunia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan saat ini banyak penyelenggara balap dunia yang berminat menggelar ajang balap di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Saat mau menyerahkan juara Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan internasional yang memperhatikan Mandalika,” kata Sandiaga Uno, dikutip dari keterangan resmi, Senin.

Ia mengatakan, Indonesia dinilai berhasil dalam berorganisasi peristiwa balap kelas dunia. Bahkan sirkuit yang berada di salah satu dari 5 destinasi super prioritas Indonesia ini dianggap sebagai sirkuit dengan pemandangan terindah di dunia.

FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia) menetapkan sirkuit ke klasifikasi nilai A berdasarkan hasil homologasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Hal ini membuat banyak penyelenggara event balap dunia melirik sirkuit ini.

Baca juga: Sandiaga Sebut Kebijakan Pemerintah Gelar MotoGP 2022 Terbukti Benar

Termasuk ada beberapa komunitas otomotif yang ingin berinisiatif uji jalan di sirkuit yang tentunya disertai dengan standar keselamatan yang tinggi. Hal ini dikatakan dilakukan oleh manajer sirkuit di dunia.

Hal ini, kata Sandiaga, akan menjadi hal yang positif. MotoGP Mandalika 2022 merupakan “nation branding” yang kuat yang akan berdampak pada kebangkitan perekonomian nasional dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Tapi tentu saja kita harustinjauan‘ pertama hasil MotoGP ini. Kami harus melakukan perbaikan,” katanya.

Kemenparekraf bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin keberlangsungan sirkuit dengan menyiapkan berbagai peristiwa lainnya.

“Kami siap karena selain kegiatan olahraga motor, baik balap mobil maupun motor, juga akan ada sepeda, lari, dan sudah banyak peminat yang ingin mencoba olahraga tersebut,” kata Sandiaga.

“Jadi kunci keberlanjutan pengelolaan (sirkuit) Mandalika adalah pengelolaan peristiwa sedang berlangsung, sedang berlangsung. Kita harus bergerak cepat, dalam 1 sampai 2 minggu mungkin kita mau evaluasi dan setelah itu kita langsung mulai (persiapan),” kata Sandiaga.

Baca juga: Dirut Pertamina Bangga Sukses Penyelenggaraan MotoGP 2022

Baca juga: Pembalap MotoGP Mandalika Dapat Souvenir Khas Indonesia

Baca juga: Wamenparekraf Bangga Pakai Pakaian Brand Lokal di MotoGP Mandalika

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022