Mengenal lebih jauh ragam destinasi unik di Marina Bay Singapura

Jakarta (ANTARA) – Kawasan Marina Bay mungkin menjadi kawasan pertama yang terlintas di benak saat memikirkan Singapura. Dengan investasi besar yang diterima, Marina Bay Sands sedang mengalami transformasi menjadi tujuan wisata dan perhotelan mewah.

Dikutip dari Singapore Tourism Board, Rabu, distrik ini bertransformasi dan selalu berinovasi menghadirkan berbagai atraksi seru, untuk liburan dengan pengalaman baru dan tak terlupakan bagi wisatawan.

Pesatnya perkembangan di kawasan Marina Bay tak lepas dari sejarah kawasan ini yang dulunya merupakan kawasan perairan. Pada tahun 1971, proyek reklamasi dimulai untuk memenuhi kebutuhan lahan dari populasi masyarakat yang terus bertambah.

 

Teluk Marina. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Marina Bay dirancang sebagai lokasi acara besar dan perayaan nasional Singapura pada tahun 1987. Pada tahun 1994, distrik Marina Bay seluas 38 hektar dibentuk. Pada akhir 1990-an, luas total Marina Bay adalah 360 hektar.

Pencakar langit untuk bisnis dan pariwisata terus tumbuh di Marina Bay, sesuai dengan slogan Marina Bay “Explore. Exchange. Entertain. Singapore”.

Berikut beberapa aktivitas yang direkomendasikan untuk dilakukan saat berwisata ke Marina Bay Singapore.

 

Teluk Marina. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Singapura Unik Sarah Sechan

Baca juga: Panduan Jalan-jalan ke Singapura Tanpa Karantina

Menginap di hotel mewah

Jaringan hotel mewah internasional menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan untuk liburan Anda di Singapura. Ada tiga hotel mewah ternama yang terletak di kawasan Marina Bay, seperti Marina Bay Sands, The Ritz Carlton Millenia Singapore, dan PARKROYAL COLLECTION Marina Bay.

Gardens by the Bay

Perpaduan antara tanaman, arsitektur, dan teknologi menjadikan taman yang sangat indah dan menjadi daya tarik yang menarik. Wisatawan bisa melihat keindahan 1,5 juta bunga dan pepohonan di Gardens by The Bay. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang wajib dikunjungi.

Wisatawan dapat menuju ke Supertree Observatory untuk melihat pemandangan Singapura; kunjungan ke Flower Dome, pameran bunga yang sedang mekar sempurna; mendaki Hutan Awan, air terjun dalam ruangan terbesar di dunia yang dikelilingi oleh tanaman; dan berfoto di Floral Fantasy dimana bunga-bunga dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi sebuah taman yang terlihat seperti di negeri dongeng.

 

Gardens by the Bay. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Gardens by the Bay memiliki restoran, toko suvenir, hingga paket piknik outdoor yang menarik.

Pengunjung juga dapat mengambil bagian dalam acara reguler dan musiman yang menghibur seperti Garden Rhapsody, pertunjukan musik dan cahaya yang menerangi Supertree setiap hari pada pukul 19:45 dan 20:45, memanah, berkebun, merangkai bunga, dan acara Natal tahunan di Gardens . yang ceria.

Berbelanja di Marina Bay Sands

Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Marina Bay. Anda dapat mengunjungi The Shoppes di pusat perbelanjaan Marina Bay Sands yang merupakan rumah bagi merek-merek mewah dunia.

Salah satu outlet terkenal di The Shoppes di Marina Bay Sands adalah Louis Vuitton Island Maison yang memiliki bangunan bergaya futuristik yang terbuat dari kristal dan dikelilingi air.

 

LV @ Teluk Marina. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Selain Louis Vuitton Island Maison, outlet terkenal lainnya di The Shoppes di Marina Bay Sands adalah Apple Store yang baru dibuka pada akhir tahun 2020.

Ada juga Video Wall di The Forum, sebuah layar besar yang rencananya akan menjadi tempat pertemuan para musisi, artis, dan pencipta di Singapura.

Selain Marina Bay Sands, pusat perbelanjaan lain yang tak kalah menarik di Marina Bay antara lain Marina Square, Suntec City, Raffles City, dan Marina Bay Link Mall.

 

CE LA VI @ Teluk Marina. (ANTARA / Badan Pariwisata Singapura)

Baca juga: Lima Distrik Hipster di Singapura yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Makan di Marina Bay

Marina Bay adalah tempat terbaik untuk mendapatkan pengalaman bersantap yang luar biasa. Banyak restoran di sini menawarkan makanan berkualitas, layanan terbaik, dan pemandangan indah; seperti di CE LA VI, LeVel33, dan Punjab Grill.

Acara kelas dunia

Marina Bay adalah tuan rumah dari berbagai acara besar dan terkenal di Singapura. Acara ini rutin diadakan setiap tahun dan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu yang paling ditunggu adalah F1 Singapore Grand Prix. Jalanan Marina Bay telah berubah menjadi sirkuit F1 yang bergengsi. Uniknya, Jalan Mari Bay merupakan sirkuit jalanan pertama di Asia.

F1 Singapore Grand Prix telah diadakan secara rutin sejak tahun 2008 dan selalu pada malam hari.

Selain pecinta otomotif dan balap mobil, semua orang bisa menikmati balapan ini, karena selalu ada bintang tamu dari musisi internasional ternama yang menghibur penonton. Saatnya merasakan one-night stand di Singapura.

 

Grand Prix F1 Singapura @ Marina Bay. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Anda juga dapat menikmati pemandangan lain seperti Marina Bay Singapore Countdown, pusat pertunjukan kembang api Tahun Baru terbesar di Singapura dan pesta Comic-Con Singapura untuk pecinta komik dan animasi.

Pertunjukan gratis yang tak kalah seru bisa dinikmati di teater outdoor Esplanade yang biasanya menampilkan musisi.

Anda juga dapat mengunjungi Sands Expo and Convention Center yang telah disulap menjadi Studio Siaran Acara Hybrid.

Bangunan ikonik Singapura

Ada banyak bangunan di kawasan ikonik Marina Bay yang merupakan cerminan Singapura seperti Jembatan Helix, Singapore Flyer, dan Marina Bay Waterfront Promenade.

 

Toko Apple Marina Bay. (ANTARA/Dewan Pariwisata Singapura)

Tempat wisata ramah keluarga
Bagi Anda yang berwisata bersama keluarga, Kawasan Marina Bay juga memiliki beragam tempat dan tempat wisata yang ramah keluarga.

Anda dapat mengajak anak-anak Anda mengunjungi ArtScience Museum untuk bermain dan belajar menggunakan instalasi interaktif.

Ada juga National Gallery Singapore yang memiliki 8.000 koleksi tentang peradaban Singapura dan Asia.

Berikutnya adalah Marina Barrage, yang dapat digunakan sebagai taman bermain outdoor untuk aktivitas menyenangkan seperti bersepeda, menerbangkan layang-layang, dan piknik.

Anda juga dapat mengajak anak-anak mencoba pengalaman baru dengan berlayar dari Marina Bay Cruise Centre.

Sementara itu, Singapura saat ini menjalankan kampanye SG Clean untuk memastikan standar kebersihan di area publik dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan.

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang berkunjung ke Singapura, terutama di masa pandemi COVID-19. Saat ini, jumlah penerima vaksin di Singapura mencapai lebih dari 85 persen populasi.

Baca juga: Berbagai Destinasi Wisata yang Cocok untuk “Penyembuhan” di Singapura

Baca juga: Singapura alokasikan dana stimulus untuk pemulihan pariwisata

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Unik di Singapura ala Denada

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022