Festival Layali Ramadhan tarik lebih 8 ribu pengunjung di Jeddah

Jakarta (ANTARA) – Festival Ramadhan Layali yang juga dikenal dengan Malam Ramadhan yang diselenggarakan oleh International City of Science and Knowledge, Jeddah, Arab Saudi, telah menarik lebih dari 8.000 pengunjung sejak diluncurkan pada hari pertama bulan Ramadhan.

Festival ini merupakan acara Ramadhan pertama yang digelar pascapandemi di Jeddah. Festival Ramadhan Layali berlangsung di Museum Abdul Raouf Khalil yang terletak di kompleks Al-Tayebat. Museum ini merupakan salah satu museum terbesar di Timur Tengah yang menyimpan banyak artefak sejarah dan budaya.

​​Baca juga: Jelang Ramadhan, Tradisi “Sembelih Tradisional” di Merangin Menyembelih Kerbau

“Museum Abdul Raouf Khalil dipilih untuk memamerkan wajah Jeddah lama,” kata produser TV dan penyelenggara acara Abdulrahman Al-Rifai kepada Arab News, dikutip Senin.

Al-Rifai menambahkan, museum ini memiliki 365 ruangan yang menyajikan semua sejarah Islam, Arab, Eropa dan Yunani, serta negara-negara Saudi pertama, kedua dan ketiga.

“Museum ini sangat besar, butuh lima hingga enam hari untuk melihatnya secara keseluruhan,” katanya.

Festival Ramadhan Layali menampilkan pertunjukan tradisional Al-Musaharati, penyanyi folkloric Al-Jisees Hijazi, Kariman Al-Ghamdi yang menghadirkan adat pernikahan Hijazi, dan setiap Kamis dan Jumat ada malam bertema pacar.

Sebagai informasi, Al-Muusaharati sendiri merupakan tradisi membangunkan masyarakat untuk sahur yang dilakukan oleh seorang tokoh masyarakat di sekitar jalan dengan cara menabuh bedug dan membacakan puisi.

Yang terpilih akan rajin menjalankan tugasnya hingga hari terakhir Ramadhan. Tokoh Al-Musyati dipilih oleh masyarakat di masing-masing distrik. Tradisi Al-Musyati dikatakan semakin langka di Jeddah.

Baca juga: Marandang Tradisi Rayakan Ramadhan di Ranah Minang

Baca juga: Tradisi Khatam Al Quran Potong Nasi Besar di Batam

Baca juga: Merawat Tradisi Meugang Menyambut Ramadhan di Aceh

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022