18 tempat ngabuburit seru untuk warga Jakarta dan sekitarnya

Jakarta (ANTARA) – Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit merupakan salah satu momen paling khas di bulan Ramadhan. Biasanya orang akan melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik untuk menunggu adzan Maghrib.

Kegiatan ngabuburit yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah mengunjungi lokasi wisata atau berburu makanan untuk berbuka puasa seperti takjil.

Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ada banyak tempat nongkrong gratis yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Tempat-tempat ini juga umumnya menyediakan jajanan untuk berbuka puasa.

Baca juga: Kampung Ramadhan Pontianak Jadi Tempat andalan ngabuburit

Baca Juga: “Nussa” Hadir di Bioskop Online, Temani Ramadhan Si Kecil

1. Hutan Kota Gelora Bung Karno

Sejumlah warga bersantai di Hutan Kota, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (9/1/2022). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Area terbuka hijau ini banyak dikunjungi orang. Di sini, Anda bisa duduk santai di taman dengan latar belakang gedung-gedung bertingkat di kawasan SCBD.

Banyak aktivitas lain yang juga bisa dilakukan seperti bersepeda untuk anak-anak, sepatu roda hingga jogging.

Hutan Kota GBK juga memiliki area food court dan warung makan sehingga Anda tidak perlu bingung saat mencari takjil.

2. Kawasan Kota Tua

 

Sejumlah warga mengunjungi kompleks Museum Fatahilah di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (16/3/2022). . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj. (ANTARA FOTO/WAHAYA PUTRO A)

Lokasi ini tentu sudah tidak asing lagi di Jabodetabek. Sambil menunggu kendang mahgrib, Anda bisa berkeliling dengan sepeda onthel, berfoto dengan patung manusia, mengunjungi museum dan berfoto dengan latar belakang bangunan Belanda.

Berbagai kuliner juga bisa Anda nikmati di kawasan ini, mulai dari jajanan pinggir jalan, kafe hingga restoran.

Namun, untuk masuk ke sini dikenakan tarif Rp10 ribu-Rp25 ribu per orang.

3. Taman Menteng

 

Pengunjung berfoto di kawasan Menteng Park, Jakarta, Minggu (24/10/2021). Pemprov DKI Jakarta kembali membuka 59 Ruang Terbuka Hijau (RTH) selama pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tingkat 2 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Terletak di tengah kota, taman ini memiliki ciri khas rumah kaca. Di Taman Menteng, Anda cukup duduk-duduk di bangku taman, bermain basket, joging hingga mengajak anak-anak bermain di arena permainan.

Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat ruko yang menjual makanan ringan hingga berat.

4. Taman Tribeca

Anda

Tribeca Park untuk menonton pertunjukan laser dan kembang api. (ANTARA/Devi Nindy)

Meski berada di kawasan Mall Centra Park, taman ini memiliki berbagai jenis tanaman dengan pohon melingkar. Ada juga kolam koi dan penyu.

Selain duduk santai, Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan. Saat adzan tiba, Anda bisa berbuka puasa di Central Park Mall.

5. Pusat Takjil Bendungan Hilir (Benhil)

 

Warga memilih makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Senin (4/4/2022). Pasar takjil yang diadakan setiap bulan Ramadhan ini dipadati warga untuk membeli berbagai makanan untuk berbuka puasa. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.

Bagi penggemar wisata kuliner, Sentra Takjil Bendil menjadi tempat nongkrong wajib. Kawasan ini menyediakan berbagai makanan untuk berbuka puasa mulai dari yang manis, gurih, jajanan jadul, modern hingga kuliner tradisional.

Baca juga: Merawat AC Bisa Jadi Pilihan Isi Saat Keluar

Baca juga: JOOX Rayakan Ramadhan dengan Konser Musik dan Obrolan Bermanfaat

Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022